Pengertian Casting dan Teknik Pelaksanaan

Sineas Muda
0

Apa itu casting?  Pastinya masih ada diantara kalian yang belum mengetahui istilah casting dalam dunia film. Dalam dunia perfilman mungkin istilah casting sudah tidak asing lagi. Namun, tidak semua mengetahui istilah pengertian dari casting secara rinci. Nah, supaya Sahabat Sineas Muda tahu lebih jelasnya tentang casting. Jangan lupa untuk menyimak artikel ini, karena di artikel ini akan membahas seputar pengertian casting dari Sahabat Sineas Muda.


Apa Itu Casting?

Berikut Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Casting

Casting adalah proses seleksi pemain film yang sesuai dengan peran yang dibutuhkan dalam drama. Proses seperti ini biasanya dilakukan oleh departemen casting. Namun, hal ini masih melibatkan sutradara. Proses casting ini dilakukan pada saat pembuatan naskah sudah dinyatakan selesai. Aktivitas casting ini diketuai oleh seorang penata peran yang sering disebut dengan direktur casting , dan tugas sutradara adalah memilih pemain untuk dijadikan pemeran. Pada saat pemilihan peran penting biasanya sutradara akan bertemu secara langsung dengan pemerannya. Proses casting ini ada dua macam yaitu screen test dan open casting.




Screen Casting

Screen test merupakan sebuah bayangan yang sudah ditentukan oleh penulis dan sutradara mengenai aktor mana yang akan memerankan peran imi. Apabila seorang aktor sudah berpengalaman dan rekam jejak. Proses yang dilakukan biasanya disebut screen test atau kecocokan aktor dan disesuaikan dengan pintu. Penata peran nantinya akan menghubungi manajer aktor untuk mengatur jadwal screen test. Setelah jadwal sudah disepakati, penata peran akan memberikan naskah yang sudah dipotong untuk diberikan kepada pemeran.


Open Casting

Open casting atau audisi terbuka merupakan salah satu cara untuk melakukan pemilihan pemain. Biasanya info mengenai open casting ini disebar melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Apabila Sahabat Sineas Muda belum punya banyak pengalaman, maka melalui audisi terbuka bisa menjadi salah satu cara untuk memulai karier pertama Sahabat Sineas Muda. Selain itu Sahabat Sineas Muda juga harus tahu apa tujuan  casting dilakukan,


Berikut Tujuan Dan Fungsi Proses Apa Itu Casting

Tujuan dari proses casting ini adalah untuk mendapatkan pemain drama yang cocok dengan tokoh atau peran yang sesuai dengan alur cerita film. Apabila peran dalam film dimainkan oleh orang yang tepat, maka dapat membuat pementasan drama menjadi lebih sempurna dan akan memberikan kesan yang baik bagi penonton.

Maka dari itu, pihak yang bertanggung jawab pada proses casting ini harus sangat teliti pada saat menguji calon pemain sinetron. Sedangkan fungsi dari casting adalah supaya pemain dapat lebih sempurna dalam pada saat berakting. Jadi pada intinya fungsi dari casting adalah belajar untuk memainkan peran.

Casting sendiri dapat dilakukan oleh siapapun. Nah, untuk Sahabat Sineas Muda yang ingin memulai karier menjadi artis sinetron. Sahabat Sineas Muda dapat melaluinya dari sini. Namun ada beberapa cara yang harus Sahabat Sineas Muda ketahui terlebih dahulu. Berikut ini Cara-cara mengikuti casting film agar berhasil lolos.


Cara Mengikuti Casting Film

Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini membuat Sahabat Sineas Muda dapat melakukan hal apapun apalagi untuk menjadi pemain sinetron. Namun, ada beberapa hal yang harus Sahabat Sineas Muda lakukan terlebih dahulu agar Sahabat Sineas Muda dapat mengikuti program ini yaitu:


Portofolio

Yang pertambahan Sahabat Sineas Muda lakukan untuk mengetahui apa itu casting adalah melamar langsung ke sejumlah agensi  dan manajer artis yang sudah terkenal namanya. Lamaran  portofolio yang Sahabat Sineas Muda perlukan adalah yang berisi sebuah rekam jejak tentang dunia seni beserta biodata dan juga profil diri Sahabat Sineas Muda sendiri secara lengkap. Portofolio tidak selalu hanya sebuah coretan tinta yang ditulis Diatas Kertas. Sahabat Sineas Muda bisa melampirkan video saat berakting.

Portofolio dapat Sahabat Sineas Muda dikirimkan secara langsung ke perusahaan melalui Pos. Namun, Sahabat Sineas Muda juga dapat mengirimkan lamaran melalui media email karena saat ini semakin berkembangnya zaman semakin memudahkan Sahabat Sineas Muda untuk melakukan apapun.


Mengikuti Audisi

Berikutnya adalah dengan cara mengikuti audisi yang diadakan oleh agency management artis di Indonesia. Biasanya genset tersebut akan membuka audisi supaya dapat merekrut artis-artis baru. Maka dari itu, jika Sahabat Sineas Muda ada ingin merintis menjadi seorang artis Sahabat Sineas Muda harus selalu update jadwal audisi yang selalu diadakan oleh agensi. Selain itu, biasanya di Indonesia banyak audisi audisi yang diadakan oleh stasiun TV untuk pencarian bakat. Untuk itu, mencari tahu itu perlu.


Menjadi Foto Model

Untuk menjadi pemain sinetron, Sahabat Sineas Muda juga dapat memulainya melalui menjadi foto model terlebih dahulu yang telah diselenggarakan oleh majalah-majalah yang terkenal. Berawal dari foto model maka Sahabat Sineas Muda sudah membuka pintu gerbang untuk menjadi artis semakin terbuka lebar begitupun juga untuk menjadi seorang pemain sinetron. Menjadi artis tidak harus secara instan, namun melalui foto model Sahabat Sineas Muda , nantinya akan ada produser terkenal yang penasaran dengan bakat dan keahlian dalam bergaya. Jadi, apa itu casting? Nah, penjelasan diatas mungkin dapat membantu Sahabat Sineas Muda untuk mengetahui tentang casting.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)