Menulis Naskah Film Dengan Aplikasi KIT Scenarist

Sineas Muda
0

Jika Sahabat Sineas Muda hobi membuat film, menulis naskah jelas menjadi satu proses penting. Kali ini Sineas Muda akan membahas kenapa menulis naskah film dengan aplikasi KIT Scenarist enak dan sangat membantu proses tersebut.

KIT Scenarist merupakan aplikasi open-source untuk menulis naskah dan bisa Sahabat Sineas Muda gunakan secara gratis di berbagai platform. Entah itu Android, iOS, Windows, macOS, maupun Linux. Faktor ini saja sudah membuatnya sangat menarik.


Nah, mari kita lihat apa saja faktor lain yang membuat aplikasi KIT Scenarist ini jadi salah satu aplikasi naskah film terbaik dan layak Sahabat Sineas Muda pakai.


Bisa impor naskah film dari format lainMungkin Sahabat Sineas Muda mendapat rancangan naskah film dari teman atau rekan yang menggunakan aplikasi lain. KIT Scenarist mendukung impor naskah dari berbagai format, seperti Final Draft (screenplay dan template), Fountain, Celtx, Trelby, bahkan MS Word atau Open Document. Dahsyatnya, aplikasi ini akan menyesuaikan format naskah dengan tepat. Yah, mungkin Sahabat Sineas Muda masih harus mengedit sedikit. Tapi KIT Scenarist bisa mengimpor naskah sangat mendekati aslinya.


Mengisi elemen skenario dengan mudah
Sahabat Sineas Muda bisa menulis naskah film dengan berbagai elemen seperti scene heading, action, character, dialogue, dll dengan mudah. Ini sangat membantu. Ya, Sahabat Sineas Muda memang bisa melakukan hal yang sama dengan aplikasi lain. Toh di KIT Scenarist, Sahabat Sineas Muda bisa memilih elemen baik dari menu, melalui shortcut (tekan tab untuk merubah action jadi character), atau melalui fitur fast formatting.



Mengatur dan melihat data elemen secara lengkap, KIT Scenarist memiliki fitur research (riset) yang memungkinkan kita mendata semua elemen yang ada di naskah. Mulai dari halaman judul, logline, sinopsis, data karakter, data lokasi, sampai membuat mind map untuk membayangkan adegan. Hal ini akan memudahkanmu memetakan semua hal dan menyiapkan produksi dengan lebih baik. Sahabat Sineas Muda bisa memilih aktor atau tempat yang sesuai dan Sahabat Sineas Muda juga bisa menyiapkan proposal dengan mudah.



Mengatur plot lebih mudah dengan sistem kartu
Tidak jarang selama proses menulis naskah Sahabat Sineas Muda mendapat ide baru atau harus menyesuaikan dinamika cerita. Hal ini bisa dengan mudah Sahabat Sineas Muda atur dengan sistem kartu yang ada di KIT Scenarist. Sistem ini juga lazim hadir di aplikasi lain. Sahabat Sineas Muda bisa menggeser adegan satu ke urutan posisi lain atau mengatur sesuai keinginanmu. Yah, siapa tahu Sahabat Sineas Muda ingin punya naskah dengan plot sedikit acak seperti film Pulp Fiction.



Bisa melihat statistik naskah
Ini salah satu hal paling menarik. Di KIT Scenarist, Sahabat Sineas Muda bisa melihat berbagai statistik data dari naskah film yang Sahabat Sineas Muda tulis. Misalnya perkiraan durasi, jumlah waktu yang ada di naskah (malam, siang, dll), jumlah adegan interior/exterior, dll. Tidak hanya itu, Sahabat Sineas Muda juga bisa melihat perkembangan struktur naskah. Baik durasi scene, banyaknya dialog, aksi yang dilakukan oleh karakter, dll. Hal ini bisa membantumu mengukur dinamika cerita.


Membandingkan versi skenarioDi KIT Scenarist, Sahabat Sineas Muda juga bisa membandingkan versi naskah yang Sahabat Sineas Muda buat. Misalnya Sahabat Sineas Muda membuat perubahan besar pada plot naskah yang Sahabat Sineas Muda buat. Sahabat Sineas Muda bisa menyimpannya sebagai versi terpisah. Lalu membandingkan kedua versi skenario tersebut. Dengan begitu Sahabat Sineas Muda bisa memilih atau mendiskusikannya dengan lebih enak.


Tampilan aplikasi bagusAplikasi KIT Scenarist memiliki tampilan yang bagus dan mudah dipakai. Sahabat Sineas Muda bisa melihat menu di sebelah paling kiri, sub menu di kolom kedua dari kiri, naskah atau informasi detil di kolom ketiga. Sahabat Sineas Muda juga bisa melihat fast formatting di kolom ke-4 kalau mau. Dengan begitu, Sahabat Sineas Muda bisa berpindah halaman dan melakukan cek semua elemen dengan mudah. Aplikasi KIT Scenarist juga bisa Sahabat Sineas Muda pakai secara full screen dengan tampilan yang juga enak dipakai.



Untuk Download Aplikasi KIT Scenearist secara lengkap kilik DISINI

Untuk hasil naskah/skrip film yang sudah selesai menggunakan KIT Scenaristseperti dibawah ini.

Contoh Skenario / Skrip Film Pendek

Judul : Lembayung Senja

Penulis : Amri Cameo

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)