15 Gerakan Gimbal Sinematik untuk Film dan Video Anda

Sineas Muda
0

Dengan gimbal genggam bermotor yang revolusioner, kami telah menyusun daftar 15 gerakan untuk digunakan dalam film, iklan, video musik, dan proyek lainnya. Mengizinkan penangkapan gerak yang stabil, gimbal telah benar-benar mengubah apa yang dapat dilakukan dengan anggaran terbatas. Gimbal bahkan digunakan dalam konferensi pers dan dokumenter alam. Bagian Dua dari serial alam Planet Bumi yang populer dibuat dengan sangat sinematik, dan perbedaannya terlihat jelas jika dibandingkan dengan Bagian Satu. Pembuat film di balik serial tersebut menjelaskan bahwa mereka memasukkan teknologi gimbal ke dalam produksi kedua. Mereka membangun kamera yang distabilkan gimbal ke dalam helikopter mereka, dan mereka menggunakan gimbal genggam di tanah di mana pun mereka bisa.


Dengan biaya yang cukup terjangkau, gimbal memungkinkan satu operator melakukan apa yang sebelumnya membutuhkan Steadicam besar atau alat berat lainnya, dalam banyak kasus dengan banyak asisten.


Gimbal dapat digunakan untuk hampir setiap pengambilan gambar film Anda, termasuk pembuatan pengambilan gambar pembuka. Dan dengan banyak gimbal yang mendukung motor lensa, Anda juga dapat memilih untuk mengalihkan fokus dan memperbesar dan memperkecil selama pengoperasian.


Mari masuk ke dalam daftar.

The Handoff


Subjek Anda sedang berlari menuju jendela sebuah rumah. Anda berlari di belakang subjek, gimbal di tangan. Saat mereka memanjat melalui jendela ke dalam rumah, operator kedua berdiri menunggu Anda di dekat jendela, di bagian dalam. Saat Anda mendekat, Anda menyerahkan gimbal, dan operator kedua kemudian melanjutkan di dalam ruangan. Apa yang Anda dapatkan adalah gerakan yang terus menerus dan mulus dalam rantai yang tidak terputus. Hal yang sama dapat dilakukan dengan berlari ke atas bukit dan lokasi lainnya.

Squeezing through Tight Spaces

Gimbal dapat dipasang di antara dahan pohon, di bawah kap mobil, melalui jendela mobil, dan di ruang sempit lainnya. Bayangkan kualitas visual mendekati pohon yang tampak eksotis, dan bukannya berhenti, Anda terus berjalan, menyelip melalui cabang-cabang yang menggantung. Anda juga dapat mendekati sebuah mobil dan memasukkan gimbal melalui jendela mobil, menangkap interior tanpa menghentikan gerakan. Atau, Anda dapat menyerahkan gimbal melalui jendela ke operator yang menunggu di seberang. Yang terakhir kemudian dapat melanjutkan dengan tembakan. Batang ekstensi yang terpasang di bagian bawah gimbal dapat membantu handoff dalam kasus ini.


The Classic Push-In

Langkah ini meniru tembakan dolly. Idenya adalah menggerakkan gimbal dengan mantap ke depan, seperti saat berjalan lurus ke arah subjek. Itu dapat dilakukan dengan berjalan atau dengan menggerakkan tangan ke depan saat Anda berdiri di tempat. Ini dapat digunakan untuk menangkap subjek yang bergerak atau tidak bergerak. Anda dapat memegang gimbal secara vertikal atau miring, mana yang lebih nyaman, selama kamera diarahkan ke subjek.


The Classic Pull-Out


Sama seperti push-in, tetapi terbalik. Salah satu bidikan bagus untuk dicoba dengan gerakan ini adalah berjalan mundur saat subjek berjalan ke arah kamera. Baik subjek maupun kamera akan bergerak ke arah yang sama dengan kecepatan tetap.


The Reveal


Gerakkan gimbal dari sisi ke sisi, vertikal, atau bahkan diagonal dalam garis lurus dari belakang penghalang. Pindahkan melewati penghalang untuk mengungkapkan subjek Anda. Penghalang dapat berupa semak, batu pantai besar, atau dinding, misalnya. Obstruksi itu sendiri bisa menjadi penyangga yang menarik secara visual.


Underslung Push-In / Pull-Out


Dorong masuk atau tarik keluar, tetapi dengan gimbal dalam mode rendah, menyapu tanah saat Anda berjalan, atau gerakkan gimbal dengan tangan Anda. Karena Anda melakukan pembuatan film dari sudut rendah, langkah ini memberikan tampilan subjek yang bagus. Misalnya, push-in underslung sangat bagus untuk memperkenalkan rumah di video real estat dengan mulai dari jalan masuk dan pindah ke rumah.

Moving Car Shot


Alih-alih menggunakan car mount, pegang saja gimbal di tangan Anda saat Anda duduk di kursi penumpang. Anda dapat mengarahkannya ke luar jendela penumpang, atau menempelkannya sepenuhnya ke luar jendela, atau memasang filter polarisasi ke kamera dan mengarahkan gimbal ke kaca depan. Jika ada ruang di dalam mobil, Anda dapat memasang gimbal pada tripod mini dan menahan tripod di ruang tersebut. Jangan ragu untuk menggeser, memiringkan, atau menggulung dengan joystick gimbal. Bidikan dari kendaraan yang bergerak dapat diedit menjadi adegan emosional dengan musik sebagai latar belakang.

Push-In + Tilt Up / Down


Sama seperti push-in klasik, tetapi saat mendekati subjek, Anda miring ke arah subjek menggunakan joystick gimbal. Jika Anda mendorong ke dalam dengan sudut rendah, miringkan ke atas, dan jika dengan sudut normal atau tinggi, miringkan ke bawah.


Pull Out + Tilt Up / Down


Sama seperti langkah sebelumnya tetapi terbalik. Ini memberikan hasil yang sangat sinematik saat ditarik keluar pada sudut tinggi dan dimiringkan ke bawah. Untuk melakukannya, berdirilah di belakang subjek, pegang gimbal di atas kepala, dan tarik keluar sambil dimiringkan ke bawah.


The Profile Shot


Saat Anda memegang gimbal stasioner di tangan Anda, ia tetap menstabilkan dirinya sendiri untuk mengimbangi sedikit gerakan alami tangan Anda. Saat Anda menangkap bidikan statis seperti ini, Anda masih mendapatkan sentuhan gerakan dalam bidikan tersebut. Jika Anda membidik close-up atau medium close-up dengan cara ini, sedikit gerakan itu memberikan tampilan yang indah, terutama saat Anda sedikit memperlambatnya dalam pengeditan.


Establishing Jib + Pan

Pegang gimbal di atas kepala, jib ke bawah dan pada saat yang sama geser ke arah subjek Anda. Batang ekstensi tambahan akan memungkinkan Anda memegang gimbal seperti jib sungguhan. Operator kedua mungkin diperlukan untuk menggeser dari jarak jauh dari aplikasi gimbal jika Anda menambahkan ekstensi. Gerakan ini juga terlihat bagus saat berjalan mundur selama gerakan jib dan pan.


Freestyle Closeup


Hasil dari langkah ini membutuhkan banyak pemotongan dalam pengeditan. Freestyle hanya melayang-layang di sekitar subjek Anda dari jarak dekat dan mendorong masuk dan keluar sesuai keinginan. Anda dapat menekan bagian muka, tombol yang diletakkan subjek di atas meja, dan seterusnya. Dengan menekuk lutut, Anda dapat bergerak ke atas dan ke bawah untuk membidik pada sudut ketinggian yang berbeda. Menyetel kamera ke fokus otomatis dapat membantu dengan gerakan ini, tetapi mengalihkan fokus bisa lebih baik lagi pada sudut sedekat itu.


Freestyle Wide—An Action Scene, Start to Finish


Satu operator dapat merekam seluruh adegan aksi secara kreatif. Misalnya, dalam kasus permainan bola basket setengah lapangan, Anda dapat menangkap semua orang dalam tembakan lebar, berlari bersama para pemain, mendorong dunk, dan seterusnya, tanpa berhenti merekam sekali pun. Setelah mengedit semuanya secara koheren, Anda memiliki video yang mulus dan stabil dari seluruh game dan sorotannya.


Paralaks

Dengan set gimbal untuk menjaga subjek tetap di tengah bingkai, berputar mengelilingi subjek 180 derajat, atau bahkan 360 derajat penuh. Apa yang Anda dapatkan adalah gerakan mengorbit yang halus. Paralaks bekerja dengan baik dalam mode normal dan rendah. Paling baik dilakukan dari jarak jauh dari subjek, tidak terlalu dekat. Subjek bisa diam, seperti mobil, atau bergerak.


Motion Time-Lapse


Banyak gimbal memungkinkan Anda mengatur rute perjalanan di sepanjang sumbu pan, tilt, dan roll untuk pengambilan time-lapse. Kemampuan ini memungkinkan Anda mengabadikan langit, kota, atau apa pun yang Anda inginkan dalam sesi selang waktu yang terlihat kaya dan bergerak mulus.

Itu saja untuk angsuran ini. Jika Anda ingin melihat aksi gimbal, Anda harus melihat video berikut yang dibuat oleh Tim Video B&H.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)