Make UP dalam Film

Sineas Muda
0

Penata makeup film merancang dan menerapkan desain tata rias teater untuk aktor dalam film layar lebar dan televisi. Kompleksitas dan jenis desain akan bervariasi tergantung pada produksi dan karakternya, namun penata rias yang baik dapat menampilkan beragam penampilan lintas genre dan periode.

4 Peran Penata makeup Film yang Berbeda

Ada empat jabatan utama di departemen tata makeup yang menentukan tanggung jawab apa yang akan dimiliki seorang penata makeup di lokasi syuting :

  1. Penata makeup utama, bertugas merancang riasan masing-masing aktor. Penata makeup utama merias wajah untuk peran utama dan aktor, dan melaksanakan desain yang sangat rumit. Penata rias utama mendelegasikan dan mengawasi penata makeup dan asisten makeup, selalu memeriksa untuk memastikan kesinambungan tata makeup sepanjang pengambilan gambar film.
  2. Penata makeup, bertanggung jawab untuk merias wajah kepada aktor non-utama dan ansambel pendukung. Penata rias berada di bawah pengawasan penata rias utama dan bertanggung jawab untuk melaksanakan desain asli penata makeup utama.
  3. Asisten penata makeup, mengatur perlengkapan tata rias dan membantu penata rias dengan aplikasi riasan tubuh (termasuk seni tubuh atau pengecatan tubuh) dan tugas-tugas kecil lainnya. Seorang asisten tata rias juga dapat ditugaskan oleh penata rias utama untuk memotret riasan pemeran untuk memastikan konsistensi dalam kasus pemotretan ulang.
  4. Penata makeup efek khusus, Penata makeup efek khusus (terkadang disingkat riasan SFX) bertanggung jawab atas segala efek riasan khusus, seperti penggunaan prostetik atau penggunaan lateks busa (senyawa khusus yang digunakan untuk efek prostetik tiga dimensi).

Tujuan makeup dalam film

  • Makeup dalam film bertujuan untuk membantu menciptakan karakter dan memperkuat narasi dalam sebuah film. Ini meliputi berbagai jenis makeup, seperti prosthetics, special effects makeup, dan transformasi karakter.
  • Makeup juga dapat membantu menyamarkan cacat atau mempertegas fitur wajah seorang aktor atau aktris untuk membantu menampilkan karakternya secara efektif. Dalam beberapa kasus, makeup juga dapat membantu membuat adegan yang lebih memukau dan realistis.


Tiga tipe makeup di dalam film

  1. Straight Makeup adalah tata rias yang dilakukan dengan tujuan menonjolkan bagian- bagian wajah yang sempurna sekaligus menyamarkan bagian-bagian wajah yang kurang sempurna.
  2. Makeup Karakter adalah tata rias yang diterapkan untuk mengubah penampilan seseorang dalam hal umur, sifat, wajah, suku dan bangsa sehingga sesuai dengan tokoh yang diperankannya yang dioleskan baik secara keseluruhan atau hanya sebagian sehingga hanya bisa dilihat dari bagian depan saja
  3. Special Effects Makeup (SFX) makeup adalah proses penggunaan prostetik, sculpting, moulding, casting, body painting, dan rambut untuk membuat aktor bertransformasi sesuai karakter yang diperankan dalam suatu produksi.

Bagaimana cara membuat tampilan riasan untuk film?

Tampilan riasan dalam film itu harus disesuaikan dengan karakter yang ingin dibentuk. Misalnya, aktor yang memainkan peran anak sekolah yang adegannya sebagian besar memiliki setting sekolah, makeup-nya harus dibuat senatural mungkin untuk memunculkan karakter anak sekolahan yang sebenarnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)