Tiga Tahap Utama

Sineas Muda
0

Secara umum, proses pembuatan film dimulai dari ide di kepala sang filmmaker, dan berakhir sampai benar-benar menjadi produk akhir berupa film layak tayang. Prosesnya terdiri dari tiga fase utama, yaitu tahap praproduksi, produksi, dan pascaproduksi.

Tahap praproduksi biasanya dimulai dari pengembangan ide, penulisan script, hingga perencanaan menjelang shooting. Tahap produksi adalah tahap shooting atau pengambilan gambar. Tahap terakhir adalah pascaproduksi yang melibatkan editing hingga film siap dirilis dan didistribusikan.

Ada filmmaker yang memisahkan fase pengembangan ide dan penulisan script menjadi tahapan tersendiri sebelum praproduksi. Ada juga yang menambahkan satu fase setelah pascaproduksi, secara spesifik memisahkan tahap perilisan dan distribusi menjadi satu fase tersendiri.

Pembuatan film umumnya dimulai dari tahap praproduksi, kemudian produksi, dan berakhir pada tahap pascaproduksi. Ada pembuat film yang memisahkan proses pengembangan cerita sebelum tahap praproduksi, dan ada yang menambahkan satu tahap lagi setelah pascaproduksi, yaitu tahap distribusi film setelah jadi.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)