Berkas Yang Wajib Dipersipakan, Sebelum Produksi (Shooting) Film

Sineas Muda
0

Setelah membaca dan menganalisa skenario, yang kalian harus lakukan adalah membuat Breakdown Scene. Petugas yang melaksanakannya adalah Asisten Sutradara yang berdasarkan arahan sutradara.

Breakdown ini adalah semacam ringkasan dari berlembar-lembar halaman skenario. Jika skenario film ada yang berjumlah lebih dari 100 halaman, maka Breakdown ini hanya belasan halaman. Breakdown ini memudahkan semua kru film untuk melaksanakan berbagai tugasnya.

Misalnya saat kita ingin tahu informasi di scene 2 ada pemain siapa aja, kita nggak perlu lagi mencari di skenario yang tebal, tetapi cukup melirik di lembar Breakdown scene dan kita telah mendapati informasi tersebut.

“Oh di scene 2 itu pemainnya ada 3 orang, Si Lembayung, Bapak, dan Senja.”

Kita bisa juga dengan mudah menyiapkan properti  apa saja yang digunakan karena telah tercantum dengan jelas di lembar breakdown scene.


Sebagai contoh Breakdown Scene kalian, dapat Download DISINI

Lalu apa Breakdown apa saja yang perlu di buat?

  1. Pertama yang perlu dilakukan adalah membuat Breakdown Scene. Breakdown Scene memuat secara global informasi penting dari skenario dan arahan khusus sutradara.
  2. Kedua adalah Breakdown Lokasi yang memilah set dan lokasi tertentu yang tertera dalam skenario.
  3. Ketiga adalah Breakdown Pemain yang memuat daftar pemain berikut nomor scene dan total scene yang dimainkan.
  4. Keempat adalah Breakdown harian, atau yang biasa kita sebut juga Jadwal Syuting atau skejul syuting, atau shooting schedule.


Master Breakdown

Master Breakdown berisi informasi tentang nomor scene, lokasi, set, exterior/interior, cast atau pemain, extra’s/figuran, kostum, properti, deskripsi adegan, keterangan halaman scene, dan keterangan lainnya.

Apa yang ada di tiap Head Scene skenario harus dicantumkan. Beberapa poin di dalam deskripsi skenario juga harus masuk seperti kostum, property, dan sebagainya. Nanti kita bahas secara detil di bawah.

Sekarang kita bahas dulu poin-poin di dari kolom atas hingga kolom terakhir. Nah untuk aplikasi yang cocok untuk membuat Breakdown ini adalah Microsoft Excel. Selain cocok, mudah dan cepat penggunaannya.

Baik saat membuat kolom-kolom, mudah copy paste, gampang membuat tabel, perhitungan, dan sebagainya. Mungkin ada software lain yang bisa digunakan, tapi rerata para astrada profesional di Indonesia menggunakan Excel.

Format master Breakdown di negara lain juga berbeda dengan di Indonesia. Tapi format yang sedang kita bahas ini adalah format yang familiar dan nyaman digunakan dalam industri kita.






Untuk berkas pendukung yang lain dapat dilihat DISINI






Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)